15 Manfaat Temu Ireng Bagi Kesehatan

SokTau –¬†Temu ireng merupakan jenis tanaman yang terkenal, terutama di dunia kesehatan. Temu ireng berbentuk rimpang dan memiliki rasa yang sedikit pahit, biasanya masyarakat menggunakan temu ireng sebagai bahan obat tradisional. Karena dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti malaria, cacingan, dan gonorrhea. Temu ireng atau temu hitam memiliki daun yang berwarna lembayung dan bunganya berwarna merah magenta.

Manfaat Temu Ireng

15 Manfaat Temu Ireng Bagi Kesehatan

Tanaman ini mengandung minyak atsiri yang sangat tinggi, diantaranya monoterpen, kurzerenon, dan ses kuiterpen. Selain itu temu ireng juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti saponin, zat pati, dammar, renmin, kordione, mineral, tannin, lemak dan germakrene. Tidak hanya itu, efek farmakologis yang dimiliki temu ireng seperti antikoagulan, stomakik, karminatif, anti radang, antibiotik, pelindung hati, ekspektoran, antibacterial, dan antineoplatik yang semua itu sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit.

Berikut manfaat dari temu ireng bagi kesehatan tubuh :

  1. Menambah Nafsu Makan

Anda memiliki anak yang susah makan? Jangan khawatir. Anda bisa membuat ramuan dari temu ireng yang di parut dan diambil airnya, selanjutnya rebus sampai mendidih dan biarkan dingin. Berikan pada anak Anda untuk meningkatkan nafsu makannya.

  1. Mengobati Malaria

Penyakit malaria ditularkan oleh nyamuk anopheles. Untuk mengobatinya secara tradisional dengan cara membuat ramuan yang terdiri dari 20 gram temu ireng, 2 jari brotowali, dan 60 gram brotowali. Rebus semua bahan dan tambahkan 1 sdm madu murni. Minum 2 gelas sehari pagi dan malam.

  1. Mengobati Kudis dan Kurap

Penyakit kulit seperti kudis, borok, kurap, bisa diobati dengan menggunakan temu ireng. Untuk mengobatinya, tidak perlu dibuat jamu cukup dengan rimpang temu ireng yang ditumbuk sampai halus dan campur dengan minyak kelapa, setelah itu oleskan pada kulit yang bermasalah.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bagi Anda yang mengalami kenaikan kolesterol, tidak perlu kawatir. Anda bisa menggunakan temu ireng untuk menurunkannya. Caranya, rebus 15 gram daun dewa, 25 gram temu ireng, dan 500 ml air sampai airnya l separuh. Minum secara rutin 2 kali sehari, pagi dan malam.

  1. Meredakan Nyeri Haid

Rasa nyeri yang ditimbulkan saat haid bisa dikurangi dengan jamu dari temu ireng. Caranya, 20 gram temu ireng, kunyit, kencur dan asam jawa. Rebus semua bahan dengan 600 ml air sampai airnya tinggal 200 ml, minum selagi airnya masih hangat.

  1. Agar Bayi Tidak Tertular Penyakit Ibunya

Anda bisa menggunakan rebusan air temu ireng dan kecipir untuk mencegah bayi tertular penyakit saat sedang menyusu.

  1. Mengobati Batuk dan Sesak Napas

Batuk biasanya disebabkan oleh banyak faktor, apalagi pada saat musim hujan. Karena cuaca yang tidak menentu siapa saja bisa terserang penyakit ini. Untuk mengobatinya, cobalah cara alami dengan menggunakan bahan obat yang alami. Caranya 25 gram temu ireng dan kencur, tambahkan 5 gram adas, pulosari, dan jinten. Rebus semua bahan sampai airnya tinggal separuh, minum segera selagi masih hangat.

  1. Mengatasi Gonorrhoea

Gonorrhea termasuk penyakit yang sangat membahayakan, untuk mengatasinya siapkan 10 temu ireng, 30 gram daun pegagan, dan 5 gram umbi gadung. Haluskan semua bahan, seduh dengan air panas sebanyak 750 ml air. Minum 3 kali sehari.

  1. Menetralisir Racun dalam Tubuh

Untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi air dari rebusan temu ireng dan daun takokak. Minum selagi airnya hangat.

  1. Melembutkan Kulit

Anda ingin memiliki kulit tubuh yang sehat, lembut, dan bersinar? Untuk itu, Siapkan temu ireng yang berwarna paling gelap, kupas dan haluskan sampai lembut. Campurkan dengan minyak kelapa, setelah itu gunakan sebagai masker.

Baca Juga: 22 Manfaat Temu Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Selain 10 manfaat di atas, masih ada beberapa manfaat dari temu ireng yang baik bagi kesehatan, diantaranya :

  1. Mengobati cacingan.
  2. Mengobati wasir.
  3. Penambah darah.
  4. Mengatasi perut mulas dan masuk angin.
  5. Mengatasi masalah kulit wajah, seperti jerawat dan kulit kering.

Manfaat dari temu ireng memang sangat banyak sekali. Tetapi Anda juga harus memperhatikan efek samping yang di timbulkan. Mengonsumsi temu hitam secara terus menerus bisa merusak sel hati. Zat tertentu yang terdapat pada rimpang ini bisa mengakibatkan pembuluh darah menyempit dan akan merugikan kesehatan. Oleh sebab itu, hindari penggunaan temu ireng selama sebulan berturut-turut, karena bisa menyebabkan nekrosis sel semakin parah.

Ikuti petunjuk kegunaan terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsi temu ireng. Demikian tadi beberapa manfaat temu ireng dan efek samping yang ditimbulkan dari temu ireng untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Gunakan sewajarnya saja jangan sampai berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan akan memberikan dampak yang negatif.

Terima kasih sudah membaca artikel 15 Manfaat Temu Ireng Bagi Kesehatan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - December 27, 2016