22 Manfaat Temu Putih Bagi Kesehatan Tubuh

SokTau – Temu putih adalah sejenis tanaman rimpang seperti jahe, kunyit, laos dan lain sebagainya yang mempunyai nama ilmiah curcuma zedoaria. Tanaman ini termasuk dalam genus curcuma dan asli dari Indonesia dan juga India. Masyarakat sering menggunakan temu putih sebagai empon-empon, selain itu tanaman obat ini juga digunakan sebagai bahan baku industri seperti pewarna makanan, pembuatan parfum, dan sebagai campuran bahan pembuatan obat.

Manfaat TemuPutih

22 Manfaat Temu Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Meski temu putih berasal dari Indonesia dan India, tetapi temu putih sudah banyak digunakan di beberapa Negara sebagai bumbu masakan. Temu putih juga sudah dibudidayakan di daerah subtropics seperti Himalaya timur, Nepal, dan Karnakata. Hal ini disebabkan oleh manfaat temu putih yang sangat baik bagi kesehatan tubuh dan menyembuhkan penyakit. Karena temu putih mengandung bahan aktif yang mampu membawa manfaat dalam dunia kesehatan.

Berikut beberapa manfaat dari temu putih untuk kesehatan tubuh :

  1. Mengobati Penyakit Kanker

Kanker merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel jaringan neoplasma yang tidak normal dan tidak terkendali. Kanker bukan termasuk penyakit yang menular akibat virus dan bakteri, tetapi kanker tumbuh dari sel-sel organ yang melakukan mutasi genetik. Mutasi tersebut tumbuh abnormal dan merusak. Kandungan zat kurdiona, zedoarin, dan kurkumol pada temu putih bisa bertindak sebagai anti neoplastic terhadap jaringan dan sel kanker.

  1. Mengatasi Stres dan Kecemasan

Penelitian menunjukkan jika ekstrak petroleum eter dan klorofom yang terkandung di dalam temu putih mempunyai kemampuan dalam mengatasi stres, kelainan pada mobilitas, dan kecemasan, selain itu juga bisa melindungi dari reumatik.

  1. Pengobatan Gejala Athritis

Petroleum eter dan kloroform yang terkandung pada temu putih bisa mengurangi kecemasan, iritasi, meningkatkan niat untuk berjalan, dan mengurangi pembengkakan sendi.

  1. Mengurangi Gejala Sakit Maag

Maag biasanya terjadi akibat pola makan yang tidak teratur atau makanan yang bisa memicu kelebihan asam lambung. Anda bisa menggunakan obat tradisional yang terbuat dari temu putih. Caranya, rebus temu putih, tambahkan madu dan minum selagi masih hangat secara ruti 2 kali sehari.

  1. Mengobati Miom

Penyakit miom termasuk dalam sejenis tumor jinak yang tumbuh di dalam otot dinding rahim. Pada sebagian wanita yang menderita penyakit tersebut bisa menyebabkan pendarahan berat, rasa tidak nyaman di panggul, dan akan menekan pada organ-organ lainnya. Miom uteri bisa mengganggu kehamilan yakni kelainan letak plasenta, bayi, menghalangi jalan lahir, pendarahan saat melahirkan, menyebabkan keguguran, dan kelemahan saat kontraksi rahim. Anda bisa menggunakan ramuan tradisional yang terbuat dari bahan temu putih dan temu mangga yang direbus, minum ramuan tersebut 3 kali sehari setelah makan sebanyak 2/3 gelas.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Senyawa kimia yang terkandung di dalam temu putih dipercaya ampuh untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

  1. Mengobati Peradangan

Penelitian menunjukkan jika kandungan kurkumin di dalam temu putih sangat efektif untuk menghambat terjadinya peradangan, baik peradangan akut ataupun kronis.

  1. Penambah Nafsu Makan

Nafsu makan menurun bisa menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi dan energy. Padahal untuk menjalani aktifitas sehari-hari tubuh memerlukan energy yang cukup. Mengonsumsi rebusan temu putih bisa membantu memulihkan nafsu makan.

  1. Mengobati Sakit Perut

Kembung yang disebabkan oleh masuk angin bisa diobati dengan meminum ramuan yang terbuat dari temu putih. Caranya minum rebusan yang masih hangat, tambahkan madu untuk menghilangkan rasa pahit.

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan minyak atsiri pada temu putih bisa mengatasi masalah pada pencernaan. Caranya pun cukup mudah yaitu Anda bisa mengunyah temu putih secara langsung setelah dikupas dan dicuci bersih terlebih dahulu.

Baca Juga: 7 Tips Agar Kulit Kuning Langsat Anda Tidak Kusam

Selain 10 manfaat diatas, ada juga manfaat lainnya dari temu putih, yaitu:

  1. Mengobati keseleo.
  2. Mengurangi rasa linu dan bengkak.
  3. Mengobati luka memar.
  4. Mengobati bisul.
  5. Menghilangkan gumpalan di jaringan tubuh.
  6. Mengurangi bau mulut.
  7. Mengurangi risiko penuaan dini.
  8. Mengatasi gangguan seksual.
  9. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  10. Menurunkan demam.
  11. Memilihkan kesehatan pasca sakit.
  12. Mengobati pembengkakan limpa.

Demikian tadi manfaat dari temu putih yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Meskipun Anda sehat, tidak salahnya untuk mengonsumsi temu putih untuk menambah stamina dan menjaga kesehatan tubuh. Tetapi jangan sampai berlebihan karena jika dikonsumsi terus menerus bisa mengganggu keefektifan berbagai macam obat-obatan dan bisa mengurangi kemampuan sel darah putih.

Oleh sebab itu diperlukan pengawasan medis dalam penggunaannya. Selain itu, juga tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui, karena bisa mengganggu perkembangan dan pertumbuhan janin dan menyebabkan keguguran. Untuk mengobati penyakit yang cukup serius, alangkah baiknya jika Anda konsultasi terlebih dahulu ke dokter yang menangani Anda.

Terima kasih sudah membaca artikel 22 Manfaat Temu Putih Bagi Kesehatan Tubuh, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - December 27, 2016