Tips Jitu Tingkatkan Daya Ingat Otak Agar Tidak Mudah Lupa

ips Jitu Tingkatkan Daya Ingat Otak Agar Tidak Mudah Lupa

Tidak jarang orang mengalami kepikunan dini, maksudnya dalah banyak orang sering kali mengalami masalah ingatan yang berkepanjangan seprti lupa menaruh barang atau sebagainya. Hal ini dikarenakan kualitas daya ingat seseorang tidak sama. Kulaitas daya ingat sejatinya merupakan hal pokok yang harus di miliki oleh manusia, karen atanpa daya ingat banyak orang yang ceroboh dengan perbuatanya. Kualitas daya ingat sejatinay tidak hanya dapat diasah dari pendidikan dan juga lingkungan sekitar saja, namun masih banyak sekali faktor yang mempengaruhinya mulai dari aktifitas, pola hidup tidak sehat dan juga depresi.

Berikut ini adalah tips meningkatkan kinerja dan daya ingat otak yang perlu kamu ketahui :

1. Olah raga secara teratur dan rutin.

Olahraga selain dapat menyehatkan tubuh karena  dapat meningkatkan sistem peredaran darah, nyatanya juga memiliki fungsi lainya. Meskipun hanya berolah raga ringan seperti, jalan kaki, bersepeda  atau berenang, ternyata olah raga dapat meningkatkan kinerja jantung serta oksinegasi otak. Bahkan para pakar menyebutkan, apabila seseorang sering berolah raga minimal hanya berajalan selama 3 jam dalam seminggu dapat meningkatkan daya ingat di usia senja.

2. Rutin mengkonsumsi makanan sehat

Makanan adalah sumber utama kesehatan tubuh manusia, oleh sebab  itu makan menjadi hal fital dalam menunjang kesehatan tubuh sesesorang. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan adalah hal yang sangat dianjurakan jika seseorang ingin memiliki daya ingat tinggi. Makanan seperti brokoli, kacang – kacangan, ikan salmon, minyak nabati dan juga buah-buahan jika dikonsmsi secara rutin dapat meningkatkan kinerja serta daya ingat otak hingga berpuluh-puluh kali lipta jumlahnya.

3. Istirahat yang cukup

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa tidur memiliki manfaat besar bagi tercipatanya ingatan yang kuat. Hal ini dikarenakan ketika tidur ingatan bakal disimpan di dalam gudang ingatan. Setelah itu otak akan bekerja untuk menyusun ingatan anda dan kemudian menyambungkanya dengan berbagai memori yang pernaha anda lakukan sebelumnya.

4. Ngegames

Games ternyaat memiliki manfata yang baik untuk meningkatkan daya otak, namun games yang diaminkan adalah games yang benar-benar memutar otak seperti Puzle atau teka-teki. Hal ini dikarenakan, otak membutuhkan refresing setelah seharian penuh di gunakan untuk berfikir, sehingga permainan taua games cukup membantu merefrsh otak anda.

5. Lakukan aktifitas yang baru dan fresh

Rancanglah kegiatan anda secara teratur, usahakana selalu rutin menghadirkan hal-hal baru yang sama sekali belum pernaha nada lakukan, kebiasan memunculkan hal baru yang posistif dikalim mampu meningkatkan daya ingat otak.

 

Terima kasih sudah membaca artikel Tips Jitu Tingkatkan Daya Ingat Otak Agar Tidak Mudah Lupa, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - May 19, 2015