Tips Menghitamkan Rambut Secara Alami, Cepat dan Aman

SokTau – Kebanyakan orang Indonesia memang memiliki rambut yang hitam disebabkan karena adanya pigmentasi alami. Namun beberapa diantaranya memiliki rambut yang merah dan beruban. Uban muncul karena factor-faktor tertentu seperti stress, usia yang sudah tua, penyakit, hingga gizi yang buruk.

Tips Rambut Hitam Alami

Tips Menghitamkan Rambut Secara Alami, Cepat dan Aman

Banyak orang yang menganggap rambu hitam sebagai simbol rambut yang subur dan ideal. Hal ini membuat seseorang mencari cara untuk memiliki rambut yang hitam secara alami. Menghitamkan rambut sebenarnya bukanlah hal yang sulit, namun sebelum mengulas cara menghitamkan rambut secara alami, berikut ini adalah penyebab rambut yang merah dan beruban…

1. Faktor genetik

Faktor genetik ternyata sangat mempengaruhi warna rambut. Jika orang tua And memiliki rambut yang berwarna merah, maka gen tersebut akan membuat rambut Anda juga berwarna merah.

2. Terlalu sering terkena sinar matahari

Terkena sinar jenis UVA dan UVB ternyata juga menyebabkan rambut menjadi merah. Hal ini terjadi karena pigmen rambut Anda terurai oleh panasnya sinar matahari, utamanya saat siang hari yang panasnya sangat menyengat.

3. Shampoo yang tidak cocok

Hati-hati dalam memilih shampoo. Shampoo yang mengandung banyak bahan kimia seperti alcohol ternyata dapat melarutkan pigmen warna hitam pada rambut.

4. Penggunaan gel rambut

Biasanya lelaki banyak yang menggunakan gel rambut. Meskipun dapat mempermudah Anda dalam menata rambut, tapi penggunaan yang tidak cocok akan mengakibatkan rambut menjadi bermasalah.

5. Rebonding

Tahukan Anda jika penggunaan hairdryer serta rebonding sebenarnya dapat merusak rambut? Hal ini dikarenakan proses rebonding akan membuat susunan pigmen dan sel alami rambut Anda menjadi terganggu. Sehingga memunculkan rambut rontok, merah, mudah patah, uban, dan lain sebagainya.

Bahan Alami Untuk Menghitamkan Rambut:

1. Menggunakan air teh basi

Air teh basi mungkin memiliki kesan yang kurang baik dan sebaiknya dibuang jauh-jauh. Nah, mulai saat ini usahakan untuk tidak membuang air teh basi Anda. sebenarnya, air teh basi mengandung senyawa zinc, vitamin, kalsium serta berbagai mineral yang baik untuk pigmentasi rambut Anda.

Selain menghitamkan rambut, air teh basi juga memiliki kandungan mineral essens yang baik dalam mencegah munculnya uban rambut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, diamkan terlebih dahulu air teh basi selama semalam. Sedangkan untuk cara penggunaannya sangat mudah, yaitu:

  • Buatlah secangkir teh tanpa gula, kemudian diamkan selama semalam
  • Keesokan harinya, basuhkan teh yang sudah didiamkan selama semalam tersebut ke seluruh rambut Anda sambil dipijat-pijat selama kurang lebih 5 menit agar air teh basinya meresap
  • Kemudian diamkan selama 25 menit
  • Jika sudah, bilaslah dengan menggunakan air yang dingin hingga bersih atau Anda juga bisa dengan cara keramas

2. Menggunakan buah alpukat

Buah alpukat ternyata memiliki manfaat yang besar bagi rambut. Menurut cerita, buah alpukat konon digunakan oleh para ratu kerajaan untuk menjaga dan merawat rambut mereka agar tetap indah. Ternyata, setelah diteliti, alpukat memiliki kandungan nutrisi yang cukup efektif untuk membuat rambut menjadi lebih sehat, lembab, dan hitam alami. Berikut cara penggunaannya:

  • Siapkanlah buah alpukat yang masih segar, lalu keroklah daging buahnya menggunakan sendok
  • Campurkan halusan daging buah tersebut dengan air perasan jeruk nipis/ lemon.
  • Aduk hingga merata hingga membentuk cream atau pasta
  • Bilaslah rambut Anda dengan menggunakan air dingin hingga bersih
  • Kemudian, oleskan halusan alpukat secara merata ke seluruh bagian rambut
  • Tutup kepala Anda dengan menggunakan shower cup atau handuk yang basah selama 30 menit
  • Bilas dengan menggunakan air yang dingin hingga bersih

3. Kelapa hijau

Kelapa hijau memiliki kandungan air yang segar di dalamnya. Selain airnya yang segar, ternyata kelapa hijau juga efektif untuk rambut. Berikut cara pemakaiannya:

  • Siapkan satu buah kelapa yang masih hijau dan garam dapur secukupnya saja
  • Parutlah kelapa tanpa kulit
  • Campur halusan kelapa dengan garam dapur secara merata lalu peras hingga menghasilkan sari yang mirip dengan santan
  • Oleskan perasan tersebut ke seluruh rambut lalu diamkan selama 20 menit
  • Bilas dengan menggunakan air hingga bersih
  • Untuk hasil yang maksimal, gunakan selama 7 hari berturut-berturut

Baca juga: Kumpulan Lulur Alami untuk Memutihkan Kulit Secara Sehat

Terima kasih sudah membaca artikel Tips Menghitamkan Rambut Secara Alami, Cepat dan Aman, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - February 28, 2017