20 Manfaat dan Khasiat Umbi Garut Bagi Kesehatan

SokTau – Umbi garut merupakan tanaman yang berkembang dengan rimpang yang mengandung banyak sekali pati. Tumbuhan ini mirip rumput yang mampu beradaptasi dengan cuaca dan segala situasi geografi yang dimiliki Indonesia, jadi tidak heran jika tumbuhan ini bisa tumbuh dimana saja. Umbi garut banyak dibudidayakan di kepulauan Karibia, Amerika Selatan, dan Philipina untuk dimanfaatkan umbinnya. Karena umbi garut termasuk penghasil tepung halus yang mudah dicerna. Pati garut termasuk dalam sumber karbohidrat alami yang terbaik.

Karena kualitas tepung yang mudah dicerna dan kemampuannya untuk bercampur dengan baik dengan berbagai bahan makanan, maka tidak heran jika tepung ini paling dicari terutama untuk pembuatan makanan formula bayi dan berbagai macam makanan. Umbi garut berbentuk silinder berwarna cream yang tertutupi sisik tipis dipermukaan kulit. Umbi ini siap dipanen jika sudah mencapai umur 10 – 12 bulan penanaman. Meskipun bukan termasuk umbi yang populer seperti singkong, ubi jalar dan kentang, tetapi umbi garut memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Karena umbi garut mengandung gizi penting yang dibutuhkan tubuh seperti ,air, serat, protein, lemak, zat besi, kalium, vitamin B6, pati, folat, tiamina,magnesium, dan riboflavin.

umbi garut, khasiat umbi garut, manfaat umbi garut

20 Manfaat dan Khasiat Umbi Garut bagi Kesehatan

1. Sebagai Sumber Tenaga

Kandungan karbohidrat yang bisa membantu tubuh mengatasi rasa lelah setelah beraktifitas. Energi dalam tubuh yang hilang akan diganti dengan kandungan mineral yang lengkap.

2. Menyembuhkan Pembengkakan

Sari pati umbi garut mengandung zat mineral lengkap yang bebas gluten. Hal inilah yang bisa menyembuhkan pembengkakan yang disebabkan oleh sengatan lebah, gigitan ular, dan kalajengking.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Umbi garut mengandung zat besi yang sangat tinggi. Kandungan inilah yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan peredaran darah. Karena jika peredaran darah lancar, otomatis tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar, serta menghindarkan Anda dari gejala anemia.

4. Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Campuran dari pati garut dan air juga sangat bermanfaat untuk mengobati luak luar. Campuran tersebut bisa dijadikan salep dan dioleskan ke luka luar. Salep tersebut akan bekerja membantu menyembuhkan luka dengan cepat.

5. Sebagai Cadangan Makanan Saat Krisis

Meskipun bukan salah satu bahan makanan yang dijadikan makanan pokok, tetapi khasiat dari umbi garut memiliki kegunaan yang bisa dijadikan cadangan makanan pada musim kritis. Karena harga kebutuhan pokok yang terus melonjak tinggi.

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat yang terkandung di dalam umbi garut sangat tinggi. Serat merupakan salah satu kandungan terpenting yang bisa memudahkan dan melancarkan pencernaan. Jika pencernaan sehat maka kita akan terhindar dari penyakit sembelit, wasir dan diare.

7. Baik untuk Kesehatan Otak

Umbi garut mengandung asam folat yang cukup untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak. Aspek tersebut bisa meringankan dan meningkatkan kecerdasan seseorang, terutama pada masa pertumbuhan.

8. Bahan Pembuatan Kertas

Selain untuk bahan pembuat bedak dan makanan, umbi garut juga bermanfaat untuk membantu pabrik dalam mengolah dan memproduksi kertas. Biasanya pabrik menggunakan bubur garut yang dicampur dengan bahan lainnya yang kemudian dijadikan kertas.

9. Sebagai Cadangan Makanan Saat Tubuh Tidak Fit

Pati garut mengandung vitamin B kompleks dan mineral yang baik untuk orang yang sedang sakit dan tidak nafsu makan ataupun dalam keadaan tubuh tidak fit. Nutrisi yang terkandung didalamnya mampu memenuhi kebutuhan gizi harian supaya tubuh tetap bugar dan sehat.

10. Sebagai Tanaman Hias

Tumbuhan umbi garut merupakan tumbuhan yang mempunyai tampilan fisik yang indah, sehingga akan lebih cocok jika dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman ini akan memberikan dua manfaat sekaligus, selain Anda menikmati umbinya, Anda juga bisa menikmati tanamannya yang tumbuh rimbun di taman rumah.

Baca Juga: Ini Dia Negara Penghasil Wanita-wanita Tercantik di Dunia

10 Manfaat dan Khasiat Umbi Garut Bagi Kesehatan Lainnya:

  1. Mencegah dan mengobati wasir.
  2. Mencegah sembelit.
  3. Memperbaiki sel-sel otak.
  4. Meningkatkan imunitas.
  5. Menghilangkan mual dan sakit perut.
  6. Sebagai pengental makanan.
  7. Menurunkan suhu badan.
  8. Memperbanyak ASI.
  9. Mengobati disentri.
  10. Mengatasi keputihan.

Demikian tadi manfaat dari umbi garut yang luar biasa. Untuk mengonsumsi umbi garut sebaiknya diolah menjadi tepung terlebih dahulu. Umbi garut yang sudah mengalami proses pengolahan menjadi tepung dinilai lebih aman dari pada nasi putih yang banyak mengandung gula dan sangat berbahaya bagi penderita diabetes.

Tetapi untuk umbi garut sangat aman dikonsumsi meski setiap hari dikonsumsi. Karena umbi garut mengandung gula yang sangat rendah. Selain itu, sari pati umbi garut bebas gluten serta memiliki indeks glisemik yang sangat rendah. Oleh sebab itu, umbi garut aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Terima kasih sudah membaca artikel 20 Manfaat dan Khasiat Umbi Garut Bagi Kesehatan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - December 23, 2016