Unik! 5 Pekerjaan Yang Hilang Karena Perkembangan Zaman Di Indonesia

5 Pekerjaan Yang Hilang Karena Perkembangan Zaman Di Indonesia

SokTau.com – Mungkin banyak yang tidak mengetahui jika di Indonesia ini terdapat beberapa pekerjaan yang kini sudah hilang akibat perkembangan zaman, yang semakin modern- Perkembangan jaman begitu pesat tak terasa banyak hal yang telah kita lewatkan. Pergantian trend tak hanya dari fashion, selera musik bahkan jenis pekerjaan juga mengalami.

5 pekerjaan di Indonesia yang hilang ditelan zaman

Berbicara soal mata pencaharian mungkin kamu bakal asing melihat profesi ini. Pasalnya pekerjaan ini kini seakan hilang ditelan zaman dan hanya bertahan beberapa tahun saja.

Penasaran dengan 5 Pekerjaan Indonesia Yang Hilang Akibat Perkembangan Jaman? simak berikut ulasannya :

1. Kamra

Mungkin kita merasa asing dengan istilah Kamra atau kepanjangan dari Keamanan Rakyat. Fungsi Kamra sendiri bertugas membantu tugas Polisi dalam menjaga keamanan dan berada dibawah binaan Polri. Profesi milisi bentukan pemerintah ini sempat diminati oleh masyarakat Indonesia, namun sayangnya pada akhir Desember 2000 milisi bela negara ini dibubarkan.

2. Penjaga Wartel

Dulu sebelum harga handphone murah seperti ini, wartel menjadi andalan anak muda untuk menelepon gebetannya. Bahkan dulu juga ada istilah anak wartel karena sering dipakai nongkrong. Namun seiring perkembangan jaman dan harga handphone serta tarif telepon yang murah, keberadaan wartel semakin tersisihkan.

3. Tukang Foto Keliling

Dahulu kala kamera atau berfoto adalah hal yang mahal untuk dilakukan oleh semua orang. Hal ini menjadi ladang bagi mereka yang bekerja sebagai fotografer dengan menjadi tukang foto keliling. Biasanya para fotografer ini memotret bayi atau foto keluarga yang nanti akan diberi upah sepantasnya. Seiring perkembangan jaman dan harga kamera yang sudah terjangkau, profesi ini lambat laun mulai dilupakan.

4. Tukang Bioskop Keliling

Salah satu hiburan yang paling dinanti-nanti oleh mereka yang hidup pada tahun 70 hingga pertengahan 90-an adalah datangnya bioskop keliling di desa. Mereka menantikan film yang akan diputar di lapangan atau alun-alun. Namun, kini sudah tidak ada lagi lantaran teknologi yang semakin membaik.

5. Sewa Game Keliling

Bagi mereka yang hidup di generasi 90-an pasti bakal senyum-senyum sendiri mengingat momen ini. Rela pulang telat dengan alasan belajar kelompok padahal main game di pos kamling dekat sekolahan. Momen ini sekarang susah didapat, karena adanya rental playstation dan tempat game di kota.

Baca Juga: Ini Dia 5 Artis Indonesia Yang Kontroversial Karena Pindah Agama

Itulah 5 pekerjaan di Indonesia yang perlahan punah akibat perkembangan zaman dengan berbagai teknologi baru.

Terima kasih sudah membaca artikel Unik! 5 Pekerjaan Yang Hilang Karena Perkembangan Zaman Di Indonesia, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 31, 2015